kunci keberhasilan adalah bersabar, berusaha dan berdoa.

Dengan menanggapi antusiasme masyarakat akan kamera bersensor besar sekelas DSLR namun dengan portabilitas tinggi layaknya kamera saku, akhirnya Sony meluncurkan “ancaman” bagi para kompetitornya dengan produk terbaru mereka yaitu Sony Alpha NEX. Walaupun ada di bawah bendera Alpha layaknya Sony DSLR, namun NEX bukanlah DSLR melainkan genre kamera digital baru yang seringkali disebut-sebut sebagai kamera digital mirrorless (merujuk pada ketiadaan cermin pantul seperti pada DSLR), atau EVIL (Electronic Viewfinder Interchangeable Lens – walaupun istilah ini kurang tepat karena tidak semua kamera jenis ini memiliki Electronic Viewfinder), atau SLD (Single Lens Direct-view). Intinya, kesemua istilah tersebut merujuk pada sebuah kamera digital yang sangat ringkas, dengan ukuran sensor yang besar sekelas DSLR, dan lensa yang bisa dilepas-tukarkan.

Bagi yang bertanya-tanya apa kepanjangan dari NEX tersebut, NEX merupakan kependekan dari New E-mount EXperience. Lalu ada pertanyaan lanjutan, mengapa huruf E yang dipilih? Tidak lain adalah karena flange distance (jarak dari exit pupil (kepingan lensa paling belakang) ke sensor) yang hanya 18mm (18 = Eighteen = E).

Tidak tanggung-tanggung, Sony Alpha langsung meluncurkan dua varian sekaligus, yaitu NEX-3 dan NEX-5. Highlight persamaan diantara keduanya adalah:

01. Sensor Exmor APS HD CMOS 14.2 megapixel, dengan algoritma prosesor Bionz generasi terbaru.
02. Pilihan kepekaan ISO 200 hingga ISO 12.800.
03. Format gambar RAW, JPEG dan RAW+JPEG.
04. Kecepatan bidik maksimal 7 gambar per detik pada modus autofokus terkunci.
05. Sistem autofokus deteksi kontras yang sangat responsif dengan 25 titik fokus, Face Detection dan Smile Shutter.
06. Fasilitas Sweep Panorama yang legendaris, dengan empat pilihan arah penyapuan (sweep).
07. Teknologi pengusir debu generasi terbaru dengan penggetaran elektromagnetik frekuensi tinggi di permukaan low-pass filter.
08. Layar LCD X-Tra Fine 3.0 inci 920.000 dot yang fleksibel dengan teknologi TruBlack.
09. Mikrofon stereo terintegrasi, dengan kemampuan ekspansi mikrofon eksternal ECM-SST1.
10. Kemampuan ekspansi lampu kilat eksternal dedikasi Sony HVL-F7S (GN: 7). Bisa juga dipasangi lampu kilat dedikasi Sony Alpha      DSLR via adaptor tambahan opsional.
11. Kecepatan rana 1/4000 detik hingga 30 detik + Bulb, dengan sinkron lampu kilat 1/160 detik.
12. Pilihan Auto HDR yang kini tersedia dalam 3 kali pengambilan gambar, dengan rentang pencahayaan hingga 6.0 EV.
13. Pilihan White Balance Auto, Manual, Preset dan Kelvin.
14. Akses ke lensa khusus bayonet E, yaitu Sony SEL 16mm f/2.8 Pancake, Sony SEL 18-55mm f/3.5-5.6 OSS, dan Sony SEL      18-200mm f/3.5-6.3 OSS.
15. Akses ke lensa Sony Alpha bayonet A (SAL) dengan adaptor lensa LA-EA1A dan LA-EA1B (untuk lensa SAL dan Carl Zeiss for      Sony yang berukuran besar. Tersedia mekanisme diafragma otomatis dan pencahayaan otomatis, dengan fokus manual.
16. Tersedia adaptor optik khusus untuk lensa Sony SEL 16mm f/2.8 Pancake yaitu VCL-ECU1 Ultra Wide Converter yang akan      mengkonversi sudut pandang lensa hingga setara dengan lensa 12mm (18mm di standar 35mm), dan VCL-ECF1 Fisheye Converter      yang akan mengkonversi sudut pandang lensa hingga setara dengan lensa 10mm (15mm di standar 35mm), tentunya dengan      efek distorsi tong secara optis.
17. Tersedia adaptor jendela bidik optik FDA-SV1 yang dipasang di dudukan lampu kilat NEX, untuk proses komposisi di tempat gelap.
18. Kompatibel dengan kartu memori SDXC dan Memory Stick Pro Duo HG, dengan hanya satu slot multiguna saja.
19. Kompatibel dengan Apple iMovie.
20. Akan tersedia firmware upgrade di situs Sony Global pada bulan Juli, dimana firmware tersebut akan menambahkan kemampuan      3D pada fasilitas Sweep Panorama maupun pemotretan biasa.

sumber : portalapha.net

Comments on: "SONY ALPHA NEX DENGAN BEYONET E" (1)

  1. Saya sangat tertarik dengan kamera ini. berapa harganya dimana bisa mendapatkhan barangnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Tag Cloud

%d bloggers like this: